Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peer to Peer Network: Keunggulan, Kelemahan, Cara Kerja dan Aplikasi

Peer to Peer Network: Keunggulan, Kelemahan, Cara Kerja, serta Aplikasinya

gambar Peer-to-peer Network

Pengantar

WEB TKJ - Peer artinya rekan sekerja. Peer to peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.

Daftar Isi

Peer to Peer Network: Keunggulan, Kelemahan, Cara Kerja, serta Aplikasinya
arsitektur Peer-to-peer Network

Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’, misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komputer lamanya.

Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipejari dan dipakai.

Tentang Peer to Peer Network

Peer to Peer Network: Keunggulan, Kelemahan, Cara Kerja, serta Aplikasinya

gambar Peer-to-peer Network2

Peer to Peer Network adalah teknologi yang memungkinkan Anda menghubungkan dua atau lebih komputer ke satu sistem. Koneksi ini memungkinkan Anda berbagi data dengan mudah tanpa harus menggunakan server terpisah untuk berbagi file.

Jika saja ditinjau dari sebuah server di kedua tipe jaringan tersebut.maka server di jaringan peer to peer di istilahkan atau dapat dikatakan non Dedicated server karena server tidak berperan penuh sebagai server murni namun dapat dikatakan juga bisa sekaligus berperan sebagai client atau workstation.

Keunggulan dan Kelemahan Peer to Peer Network

Keunggulan

1. Biaya relatif murah dari pada client-server
2. Tidak membutuhkan administrator yang pintar untuk mengelolahnya
3. Sesama komputer dapat berbagi saling pakai fasilitas yang dimilikinya
4. Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server.

Kelemahan

1. Troubleshooting jaringanya relatif lebih sulit
2. Kinerja lebih rendah dibandingkan dengan client-server
3. Keamanan jaringan ditentukan masing-masing oleh user tersebut

Cara Kerja Peer to Peer Network

Berbagi file

Penggunaan peer to peer network dalam berbagi file sangat nyaman untuk bisnis. Jaringan P2P juga dapat menghemat uang Anda dengan fitur ini karena menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan server perantara lain untuk mentransfer file Anda.

Perpesanan langsung

Fitur hebat lainnya dari peer to peer network adalah menyediakan cara yang aman dan cepat untuk berkomunikasi. Ini dimungkinkan ketika Anda mengikuti protokol tertentu yang mengizinkan enkripsi di kedua komputer rekan dan memberikan alat perpesanan yang mudah.

Kolaborasi

Berbagi file dengan mudah juga membantu membangun kolaborasi yang lebih kuat dengan rekan Anda yang lain. Anda dapat melakukan banyak pekerjaan dengan alat ini dan melakukan tugas-tugas tertentu yang memerlukan pemeriksaan menyeluruh.

Pencadangan sistem

Fitur hebat dari peer to peer network lainnya adalah meskipun satu komputer mati karena suatu alasan, komputer lainnya tetap bekerja. Jaringan ini hanya berhenti ketika semua komputer rekan dimatikan sekaligus.

Jadi, kemungkinan kehilangan data minimal dan kemungkinan mengamankan berbagi file maksimal. Fitur ini juga meningkatkan keandalan jaringan P2P.

Aplikasi Peer to Peer Network

Banyak sistem telah menggunakan peer to peer network untuk menghasilkan uang dan menjaga agar sistem mereka tetap berjalan lancar. Karena jaringan P2P ramah pengguna, memudahkan pengguna untuk menyimpan data mereka secara teratur.

Anda dapat menjadikan P2P sebagai bagian dari bisnis Anda untuk merampingkan sistem pengarsipan dan berbagi data Anda. Bisnis Anda juga dapat memperoleh penghasilan dari jaringan P2P. Berikut adalah cara sebagian besar bisnis menggunakan sistem jaringan peer-to-peer:

Server awan (Cloud Server)

Ini adalah bentuk penggunaan peer to peer network yang sangat umum karena banyak pengguna berbagi data di cloud mereka. Ini membantu mereka dalam mengakses file mereka dari banyak sumber lain. Fasilitas penyimpanan adalah faktor lain untuk mengunggah file di cloud.

Karena meskipun banyak aplikasi mengenakan biaya untuk penyimpanan tambahan, jumlah penyimpanan yang ditawarkan di cloud saat ini cukup untuk sebagian besar pengguna.

Aplikasi Bisnis Pesan dan Komunikasi

Sebagian besar sistem perpesanan di tempat kerja dan pusat kolaborasi bisnis mengembangkan cara komunikasi langsung dengan kolega dan rekan kerja. Mirip dengan cara sistem peer to peer network mengenkripsi teks dan panggilan.

Banyak sistem obrolan langsung dan pesan video menggunakan metode yang sama untuk berbagi informasi dan menjaga keamanan komunikasi pengguna dari pihak ketiga mana pun.

Distribusi Konten

Banyak aplikasi menggunakan enkripsi yang disediakan oleh peer to peer network untuk menemukan cara berbagi file dalam skala yang lebih besar. Sebagian besar aplikasi distribusi konten bekerja berdasarkan jaringan P2P untuk mencegah file dan data dari pembajakan.

Enkripsi pesan-pesan ini telah terbukti meningkatkan keamanan dan perlindungan pengguna secara keseluruhan. Dengan cara ini pengguna dapat menjual dan menggunakan situs ini secara efisien untuk menyampaikan pesan.

Banyak orang menikmati perangkat lunak distribusi konten karena mereka dapat mengakses file dan video tanpa harus menunggu lama. Selain itu, peningkatan lalu lintas membuat situs ini lebih hemat biaya, karena tidak diperlukan server pusat.

Penutup

Peer to peer network adalah alternatif yang sederhana dan murah untuk menghubungkan beberapa perangkat dalam jaringan. Dalam topologi ini, setiap perangkat memiliki peran sebagai klien dan server secara bersamaan, memungkinkan berbagi sumber daya dan layanan tanpa kebutuhan server pusat.

Meskipun topologi P2P memiliki beberapa kelemahan, namun tetap menjadi pilihan yang populer dalam lingkungan jaringan kecil atau dalam situasi di mana tidak ada kebutuhan untuk infrastruktur jaringan yang kompleks.

Baca juga:
Admin
Admin Terimakasih Atas Kunjungan Anda.

Posting Komentar untuk "Peer to Peer Network: Keunggulan, Kelemahan, Cara Kerja dan Aplikasi"