Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MAC Address: Pengertian, Struktur, Peran dan Cara Kerja

Mengenal Lebih Dekat tentang MAC Address: Identitas Unik Perangkat dalam Jaringan Komputer

Pengertian MAC Address

WEB TKJ - Dalam struktur teknologi jaringan komputer terdapat istilah MAC Address atau Media Access Control Address. MAC Address adalah alamat fisik yang unik dan tertanam pada setiap perangkat jaringan. MAC Address terdiri dari serangkaian angka dan huruf yang diatur dalam format tertentu.

Setiap perangkat dalam jaringan komputer, seperti komputer, laptop, smartphone, router, atau switch, memiliki MAC Address yang berbeda satu sama lain.

Daftar Isi

Struktur MAC Address

MAC Address terdiri dari 48 bit atau 6 byte. Biasanya ditampilkan dalam format heksadesimal dan dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama, yang terdiri dari 24 bit pertama, mengidentifikasi produsen perangkat (vendor ID). 

Bagian kedua, yang terdiri dari 24 bit sisanya, merupakan identifikasi unik perangkat itu sendiri.

Contoh MAC Address = 00:1A:2B:3C:4D:5E

MAC address memang harus unik, dan untuk itulah, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mengalokasikan blok-blok dalam MAC address. 24 bit pertama dari MAC address merepresentasikan siapa pembuat kartu tersebut, dan 24 bit sisanya merepresentasikan nomor kartu tersebut.

Setiap kelompok 24 bit tersebut dapat direpresentasikan dengan menggunakan enam digit bilangan heksadesimal, sehingga menjadikan total 12 digit bilangan heksadesimal yang merepresentasikan keseluruhan MAC address.

Berikut merupakan tabel beberapa pembuat kartu jaringan populer dan nomor identifikasi dalam MAC Address.

Nama vendor                      Alamat MAC
Cisco Systems                          00 00 0C
Cabletron Systems                   00 00 1D
IBMCorporation                  00 04 AC
3Com Corporation                  00 20 AF
GVC Corporation             00 C0 A8
Apple Computer                  08 00 07
Hewlett-Packard Company 08 00 09

Cara Kerja MAC Address

Pendeteksian Jaringan
Ketika perangkat jaringan dinyalakan, perangkat tersebut akan memulai proses pendeteksian jaringan. Saat proses ini berlangsung, perangkat akan mengirimkan sinyal ke jaringan untuk mencari perangkat lain dan menentukan alamat fisik (MAC Address) masing-masing.

Pengiriman Data
Setiap kali data dikirim dalam jaringan, data tersebut dikemas dalam bentuk paket yang berisi informasi seperti alamat pengirim, alamat tujuan, dan isi data itu sendiri. Alamat pengirim dan alamat tujuan dalam paket data adalah MAC Address dari perangkat yang mengirim dan menerima data.

Penentuan Alamat Tujuan
Ketika paket data dikirim dalam jaringan, perangkat jaringan akan membaca alamat tujuan dalam paket dan memeriksa tabel ARP (Address Resolution Protocol) untuk mencocokkan MAC Address dengan alamat IP tujuan. Ini memungkinkan perangkat untuk mengirimkan paket data ke perangkat yang tepat dalam jaringan.

Agar antara komputer dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya, frame-frame jaringan harus diberi alamat dengan menggunakan alamat Layer-2 atau MAC address.

Tetapi, untuk menyederhanakan komunikasi jaringan, digunakanlah alamat Layer-3 yang merupakan alamat IP yang digunakan oleh jaringan TCP/IP. Protokol dalam TCP/IP yang disebut sebagai Address Resolution Protocol (ARP) dapat menerjemahkan alamat Layer-3 menjadi alamat Layer-2, sehingga komputer pun dapat saling berkomunikasi.

Beberapa utilitas jaringan dapat menampilkan MAC Address, yakni sebagai berikut:
  • IPCONFIG (dalam Windows NT, Windows 2000, Windows XP dan Windows Server 2003).
  • WINIPCFG (dalam Windows 95, Windows 98, dan Windows Millennium Edition).
  • /sbin/ifconfig (dalam keluarga sistem operasi UNIX )
Berikut ini adalah contoh output dari perintah ipconfig dalam Windows XP Professional.

C:\>ipconfig /all

Windows IP Configuration
  Host Name . . . . . . . . . . . . : karma
  Primary Dns Suffix  . . . . . :
  Node Type . . . . . . . . . . . . : Unknown
  IP Routing Enabled. . . .. . : No
  WINS Proxy Enabled. . . . : No

Ethernet adapter loopback:

  Connection-specific DNS Suffix  . :
  Description . . . . . . . . . . . : Microsoft Loopback Adapter
  Physical Address. . . . . . . : 02-00-4C-4F-4F-50
  DHCP Enabled. . . . . . .. . : No
  IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.0.1
  Subnet Mask . . . . .. . . . . : 255.255.255.0
  Default Gateway . .. . . . . : 192.168.0.7

Peran Penting MAC Address

MAC Address memiliki peran penting dalam jaringan komputer, antara lain:

Identifikasi Unik
Setiap perangkat dalam jaringan memiliki MAC Address yang unik. Hal ini memungkinkan perangkat-perangkat tersebut untuk saling mengenali dan berkomunikasi satu sama lain dalam jaringan.

Kontrol Akses Jaringan
MAC Address digunakan untuk mengendalikan akses jaringan dengan membatasi perangkat yang diizinkan untuk terhubung. Dalam pengaturan jaringan yang lebih aman, administrator dapat membatasi akses hanya kepada perangkat dengan MAC Address yang telah ditentukan.

Routing dan Switching
Router dan switch menggunakan MAC Address untuk mengarahkan paket data dalam jaringan. Dengan membaca MAC Address, perangkat jaringan dapat menentukan tujuan paket dan mengirimkannya ke perangkat yang tepat dalam jaringan.

Keamanan Jaringan
MAC Address dapat digunakan sebagai elemen pengamanan jaringan. Misalnya, fitur seperti MAC Address Filtering memungkinkan administrator untuk mengontrol perangkat yang diizinkan untuk terhubung ke jaringan berdasarkan MAC Address mereka.

Kesimpulan

MAC Address adalah alamat fisik yang unik dan tertanam pada setiap perangkat jaringan. Dalam jaringan komputer, MAC Address berperan penting dalam identifikasi perangkat, pengiriman data, pengendalian akses, routing, dan keamanan jaringan.

Dengan memahami konsep dan cara kerja MAC Address, kita dapat mengenali peran pentingnya dalam memastikan komunikasi yang efektif dan aman dalam jaringan komputer.
Admin
Admin Terimakasih Atas Kunjungan Anda.

Posting Komentar untuk "MAC Address: Pengertian, Struktur, Peran dan Cara Kerja"